Cara Bermain Xbox 360

Selain Sony dengan game console Playstation, produsen rakasasa asal Amerika Serikat, Microsoft juga punya game console andalan mereka dengan nama Xbox. Salah satu seri unggulannya adalah Xbox 360. Namun saat ini di pasaran juga banyak orang yang menjual Xbox 360 yang sudah di-hack. Hal itu membuat cara penggunaan dan pengaturan di dalamnya sedikit berbeda dengan fungsi Xbox semula. Oleh karena itu ada beberapa tips dan trik yang perlu Anda perhatikan dalam memainkan Xbox 360 yang sudah di-hack. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk memasang game pada Xbox, yaitu langsung dari disc-nya atau dengan mengunduh game-nya dari internet.

Untuk cara memasang game melalui disc-nya secara langsung, caranya cukup mudah. Masukkan saja kepingannya ke dalam disc tray. Lalu apabila gamenya mulai berjalan, keluar dan kembalilah ke menu utama. Pilih panel Copy DVD lalu tekan tombol A. Setelah itu nama game pada disc yang Anda masukkan akan keluar. Kemudian silahkan pilih lokasi untuk menyimpan game tersebut. Untuk memudahkan Anda dalam memilih game koleksi Anda, buat saja folder dengan nama “XBOX360 Games”. Setelah memilih folder, kemudian tekan A dan tunggu proses penyalinannya sampai selesai. Namun perlu Anda perhatikan bahwa game berlabel V3.0 kemungkinan tidak bisa di-copy.

Setelah proses copying sudah selesai, Anda bisa mengeluarkan disc dari Xbox 360 Anda. Game yang telah Anda copy sudah berada di dalam HDD Anda, dan Anda bisa memainkan game tersebut tanpa menggunakan disc-nya. Lalu bagaimana cara memasang game Xbox 360 di HDD apbila tidak punya disc ori? Tenang saja, karena Anda bisa mengunduh berbagai macam game Xbox dari internet. Jika Anda mengunduh game dari internet, biasanya Anda akan mendapatkan file dengan format ISO. Oleh karena itu supaya Anda bisa memainkan game tersebut di Xbox, Anda perlu mengubah formatnya terlebih dahulu. File berformat ISO tersebut harus diubah terlebih dahulu menjadi file XEX dan GOD.

Nama file tersebut sama seperti ekstensi file Copy DVD yang tadi sudah dicontohkan. GOD maksudnya adalah Games on Demand, yaitu game yang sudah diinstal pada HDD Xbox-nya. Sedangkan untuk game dengan ekstensi XEX biasanya sudah di-hack terlebih dahulu sistemnya. Misalnya ditambahkan fitur godmode, infinite ammo dan sebagainya. Berbeda dengan game Xbox yang berformat GOD, karena tentunya tidak bisa di-hack. Untuk format XEX, biasanya sudah tersedia di internet. Jadi nantinya Anda akan menemukan file bernama default.xex. Jika Anda ingin mengubah game tersebut dengan versi yang sudah di-hack, Anda bisa me-replace file tersebut dengan default.xex yang sudah di-hack.

Cara Bermain Xbox 360Cara mengubah format file menjadi XEX bisa menggunakan software Xbox Backup Creator. Anda bisa mengubah formatnya melalui PC/Laptop. Install programnya, lalu buka programnya. Setelah itu klik tab Image Tools dan pilih Image Browser. Selanjutnya Anda pilih file ISO yang tadi sudah Anda unduh dari internet. Banyak sekali jenis game Xbox yang bisa Anda unduh di internet. Oleh karena itu Anda tidak perlu bingung mencari penjual disc permainan Xbox ori di sekitar tempat tinggal Anda. Setelah itu klik kanan pada judul game lalu ekstrak. Pilih lokasi ekstraknya, usahakan buat folder baru dengan nama sesuai dengan game yang Anda pilih. Setelah prosesnya selesai, Anda copy file berekstensi XEX tersebut ke dalam USB untuk kemudian dipindahkan ke dalam Xbox.

Simpan saja game tersebut pada folder yang tadi sudah Anda buat, yaitu folder XBOX360 GAMES. Sedangkan untuk mengubah format file menjadi GOD Anda bisa menggunakan software ISO2GOD. Cara convert-nya sangat mudah. Pertama buka program ISO2GOD, lalu pilih Add ISO. Browse file ISO yang tadi sudah Anda unduh. Pilih lokasi output atau hasil convert-nya dan lokasi untuk menempatkan temporary file. Namun untuk pemula lebih disarankan untuk menggunakan file XEX saja, karena prosesnya jauh lebih mudah ketimbang file berekstensi GOD. Semoga tutorial yang barusan Anda pelajari bisa Anda praktekkan sendiri di rumah. Selamat bermain game!

Posted in Uncategorized